Cari

Hadiah di Hari Lahir (10): Mestikah Tahnik dari Orang Sholih?

Tahnik kurma dari orang sholih

Sebelumnya telah Rumaysho.Com ulas mengenai anjuran dan hukum tahnik. Namun apakah benar tahnik mesti dilakukan oleh orang sholih?
Demikianlah pendapat sebagian ulama seperti Imam Nawawi bahwa tahnik dianjurkan dilakukan oleh orang sholih. Beliau rahimahullah berkata, “Disunnahkan yang melakukan tahnik adalah orang sholih dan yang diambil berkah baik laki-laki maupun perempuan. Jika tidak ada ketika lahir, maka bayi tersebut dibawa ke orang sholih tadi.”[1] Apa yang dikatakan oleh beliau ini dapat ditemukan dalam beberapa hadits yang menjelaskan masalah tahnik yang nanti akan penulis sebutkan.
Namun pendapat di atas tidaklah tepat. Karena menganggap orang sholih yang masih hidup tersebut bisa mendatangkan berkah dengan kunyahannnya, itu butuh dalil. Karena ngalap berkah seperti ini dengan keyakinan bisa berpindah zat, itu hanya ada pada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, tidak pada kyai, ustadz, atau orang sholih lainnya. Berkah itu sekali lagi dari Allah, sehingga menyatakan sesuatu bisa membawa berkah mesti dengan dalil.
Syaikh Sulaiman bin ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdul Wahhab berkata bahwa ngalap berkah yang dilakukan pada orang sholih seperti di atas mengandung beberapa kekeliruan:
  1. Keutamaan Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- tidaklah sama atau serupa sehingga tidak bisa disamakan dalam ngalap berkah.
  2. Sulit menentukan seseorang itu sholih ataukah bukan karena masalah kesholihan itu kembali pada baiknya hati. Sedangkan menilik hati tidak mungkin diketahui kecuali dengan dalil.
  3.  Jika kita menilai kesholihan seseorang, maka belum tentu dia itu aman dari akhir hidup yang jelek. Jika demikian, maka sulit dipastikan ia pantas diambil berkah.
  4. Melakukan seperti itu malah mengundang takjub pada diri seseorang.[2]
Sunnah tahnik masih tetap ada, namun dilakukan tidak mesti pada orang sholih, boleh dilakukan oleh orang tuanya si bayi sendiri dan diberikan pada anaknya. Wallahu a’lam.
Serial Hadiah di Hari Lahir Sebelumnya:
Serial 1- Melakukan Tahnik
Serial 2- Nama Terbaik untuk Si Buah Hati
Serial 3- Nama Terlarang untuk Si Buah Hati
Serial 4- Menggundul Rambut Kepala Bayi pada Hari Ketujuh
Serial 5- Sunnah Aqiqah bagi Si Buah Hati
Serial 6- Jumlah dan Jenis Hewan Aqiqah
Serial 7- Waktu Pelaksanaan Aqiqah
Serial 8- Menggundul Rambut Kepala Bayi Perempuan
Serial 9- Anjuran dan Hukum Tahnik
Semoga bermanfaat, masih berlanjut pada satu lagi pembahasan tahnik. Insya Allah.
30 Syawal 1434 H @ Pesantren Darush Sholihin, Warak, Girisekar, Panggang-Gunungkidul
Artikel www.rumaysho.com


[1] Idem.
[2] Diringkas dari Taysir Al ‘Azizil Hamid, 1: 412-413.
Sumber : http://rumaysho.com/umum/hadiah-di-hari-lahir-10-mestikah-tahnik-dari-orang-sholih-3602

0 komentar:

Posting Komentar