Cari

Keshalihan Orang Tua Adalah Modal Utama


Keshalihan dan ketakwaan orang tua merupakan modal utama untuk meraih anak yang shalih. Jadi lucu sekali, jika kita berharap anak menjadi shalih dan bertakwa. Sementara kita berkubang dalam maksiat dan kelalaian.

Keshalihan jiwa dan perilaku orang tua mempunyai andil besar dalam membentuk keshalihan anak. Bahkan, akan membawa kebaikan bagi anak di dunia dan akhirat.

Kebaikan itu bisa menjadi berkah dan balasan atas amal shalih kita..
Misalnya berupa keshalihan, perlindungan, keluasan rizki dan kesehatan yang dikarunikan kepada sang anak...

Maka,Allah ta'ala memerintahkan segenap orang tua yang mengkhawatirkan masa depan anak-anaknya, agar bertakwa, beramal shalih, beramar ma'ruf nahi mungkar dan mengerjakan berbagai amal ketaatan agar Allah menjga anak cucunya dengan amalan trsebut..
Allah Ta'ala berfirman (yang artinya):
"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar."
(QS. An-Nisa':9)

Ayah dan bunda...
Adalah guru, pendidik, dan sosok teladan pertama bagi anak-anak mereka..
Inilah salah satu hikmah, mengapa Allah dan Rasul-Nya sangat menekankan masalah agama dalam memilih masalah jodoh, karena mereka adalah calon-calon pendidik bagi anak-anak yang terlahir dari pernikahan mereka..

Allah Ta'ala berfirman (yang artinya):
"Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih dari orang-orang musyrik walaupun dia menarik hatimu."
(QS. Al-Baqarah: 221).

Sesungguhnya sebesar apapun keinginan-keinginan kita...
Sekeras apapun usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan anak-anak yang shalih..
Kita harus sadar, bahwa tidak ada yang dapat memberikan itu semua kepada kita kecuali Allah..
Kita hanya mampu berusaha..
Namun, Dialah yang menentukan semuanya...
Hendaklah kita sadar bahwa kita adalah insan yang lemah dan sangat butuh kepada-Nya. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Apabila kamu meminta, mintalah kepada Allah dan apabila kamu meminta tolong, minta tolonglah kepada Allah.". ( HR. At-Tirmidzi, shahih)

[dikutip dari buku yang berjudul Mencetak Generasi Rabbani!, Karya Ummu Ihsan Choiriyah& Abu Ihsan al-Atsary, hal 21-23]

Sumber : Status Facebook Muslimah.Or.Id

0 komentar:

Posting Komentar